BUSINESS PLAN
EDELWEIS INDONESIA FASHION CENTER
Disusun untuk
memenuhi tugas Pengantar Kewirausahaan
EXECUTIVE SUMMARY
EDELWEIS INDONESIA FASHION
CENTER, merupakan bisnis penjualan
produk fashion online yang menjadi wadah dari produsen produsen fashion yang
berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Cara pemesanan yang sangat mudah dan
dapat dilakukan di rumah masing-masing konsumen, yaitu dengan mengakses web atau
aplikasi dan memesannya secara online.
Tahap awal dari bisnis
ini adalah membuka tempat utama dan penyimpanan produk di kawasan Baleendah serta
alamat website yang digunakan untuk pemasaran bisnis ini, target kita adalah kalangan
para remaja dan dewasa.
BAB I
PERUSAHAAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan kemajuan teknologi komunikasi dewasa ini berlangsung
demikian pesatnya sehingga para ahli menyebut gejala ini sebagai suatu
revolusi. Sekalipun kemajuan tersebut masih dalam tahap perkembangan, sejak
sekarang sudah dapat diperkirakan terjadinya berbagai perubahan di bidang
komunikasi maupun pada bidang – bidang kehidupan lain yang berhubungan, sebagai
implikasi dari perkembangan keadaan tersebut.
Kegiatan belanja online merupakan salah satu implikasi
kemajuan teknologi komunikasi bagi lapangan ekonomi yang mentransmisikan nilai-nilai konsumerisme dalam
level global. Di Indonesia, tren belanja online semakin meningkat dan konsumen di Indonesia dari
waktu ke waktu semakin antusias dalam melakukan kegiatan belanja online ini.
Setelah menelusuri dan
mengamati melalui jaringan internet, masih belum ada market online yang menyediakan produk fashion beserta brand lokal
Indonesia. Kebanyakan kreator fashion hanya menyediakan produk beserta brand
mereka sendiri di toko online mereka.
Maka dari itu penulis
berencana membuat sebuah wadah usaha penjualan yang bisa menampung
produk-produk fashion yang ada di Indonesia secara online.
Tujuan dari dibuatnya market
fashion online ini agar dapat memudahkan
para konsumen yang menyukai produk-produk fashion dari seluruh Indonesia agar
bisa mendapatkan fashion yang mereka inginkan dan dapat memilihnya secara mudah.
Dengan adanya penjualan online ini
mereka tidak perlu datang langsung ke tempat brand atau produk fashion itu
diproduksi, karena bisa memesan langsung lewat alamat web yang telah
disediakan. Usaha yang akan dikembangkan ini diberi nama “Edelweis Indonesia
Fashion Center”.
1.2
Visi dan Misi
Adapun visi dan misi usaha penjualan online
ini sebagai berikut:
1.2.1 Visi
Menjadi
market besar di Indonesia baik online maupun offline yang menyediakan fashion dari seluruh
Indonesia.
Menjadi
online shop dan offline shop yang menjamin
kualitas barang serta pelayanan yang baik sehingga mampu meningkatkan minat
konsumen diseluruh wilayah Indonesia maupun luar negara dan dapat dipercaya
oleh para konsumen.
Membantu
para konsumen untuk mendapatkan produk fashion dengan cara mudah, dan hemat.
Menciptakan
lapangan pekerjaan dengan cara mengembangkan agen, distributor, dan reseller ke
seluruh pelosok wilayah.
Menyadarkan
pola pikir masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri yang patut di
banggakan.
1.2.2 Misi
Menyediakan
produk fashion kebutuhan semua kalangan baik balita, anak – anak, remaja, dan
dewasa.
Mengembangkan
perusahaan dengan mengikuti kemajuan teknologi dan perkembangan dunia internet
sebagai media pemasaran.
,
1.3 Kegiatan perusahaan
Identitas Perusahaan
Nama Bisnis :
Edelweis Indonesia
Fashion Center
Jenis Bisnis :
Penjualan produk fashion online
Produk Bisnis : Menyediakan produk
fashion lokal dari seluruh Indonesia
Target konsumen : para remaja dan orang dewasa yang
mencari produk fashion terbaru.
Strategi Pemasaran : Melalui
Website, Aplikasi, Media Sosial
BAB
II
PRODUK
2.1
Deskripsi Produk
Mengenai produk-produk
fashion yang dijual pada market online ini akan dideskripsikan pada tabel
berikut ini :
Jenis
|
Spesifikasi
|
Durasi
|
Keistimewaan
|
Manfaat
|
Kemeja
|
·
Kemeja
formal
·
Kemeja
informal
|
produk-produk ini dapat diijual sampai dengan munculnya
desain dan model terbaru sesuai perkembangan selera konsumen
|
Karena produk yang dijual berasal dari berbagai daerah
yang ada di Indonesia, maka akan memiliiki ciri khasnya sendiri.
|
Selain sebagai kebutuhan sekunder, produk-produk ini
juga merupakan sebagai alat pemenuhan konsumen untuk berekspresi dalam
berpakaian yang mengikuti keterbaharuan.
|
Kaos
|
·
Kaos
dengan lengan panjang
·
Kaos
dengan lengan pendek
|
|||
Celana
|
·
Jeans
·
Celana
Bahan
|
|||
Jaket
|
·
Jaket
tebal
·
Jaket
tipis
|
|||
Sepatu
|
·
Sepatu
formal
·
Sepatu
informal
|
|||
Sandal
|
·
Sendal
spons
·
Sendal
Kulit
|
|||
Tas
|
·
Tas
untuk kerja
·
Tas
untuk sekolah
|
Rencana
Pengembangan Produk
Bila rencana awal menyediakan produk
fashion kebutuhan dari kalangan remaja dan dewasa ini berjalan dengan baik,
untuk selanjutnya akan ada pemenuhan kebutuhan fashion bagi semua kalangan baik balita, anak-anak, wanita
dan pria. Dengan terciptanya
suatu usaha penjualan fashion secara online dan adanya orang lain sebagai
reseller, distributor dan agen produk fashion maka kami yakin usaha ini akan
berjalan lancar dan maju. Kebutuhan dan permintaan fashion dikalangan
masyarakat pada saat ini sangat besar.
BAB III
ANALISIS PASAR
3.1
Analisis Perusahaan
Kekuatan Perusahaan
Online
shop dinilai lebih mudah untuk memahami kemauan dan kebutuhan pelanggan.
Modal
yang dibutuhkan relatif kecil.
Karena
minimnya pengeluaran, barang online shop menjadi lebih murah dari barang yang
dijual secara konvensional.
Pilihan
produk lebih banyak karena prduk yang dijual berasal dari berbagai produsen
fashion dari berbagai daerah di Indonesia.
Pasar
yang tidak terbatas,
Kelemahan Perusahaan
Hanya
bisa menjangkau kota dan masyarakat yang memiliki akses internet.
Saingan
sangat banyak.
Banyak
masyarakat yang belum sepenuhnya percaya dengan online shop.
Sering
adanya ketidak puasan dari pelanggan.
Promosi
yang terbatas, mahal, dan sering sekali diacuhkan.
3.2 Analisis Persaingan
Persaingan usaha penjualan
fashion mungkin akan semakin ketat karena banyak orang yang membuat usaha
penjualan fashion seperti distro, selain itu persaingan juga datang dari
produsen produsen internal yang pruduknya kita jual, dimana mereka tentunya
sudah memiliki market place khusus produknya sendiri. Namun harus tetap optimis
usaha ini akan berjalan dengan lancar.
3.3
Analisis Pelanggan
Edelwise Indonesia Fashion
Center membidik pasar semua kalangan remaja dan dewasa dari kisaran umur 15 -
45 tahun dari kelas menengah keatas, kami memberikah harga yang relative
terjangkau. Dengan suasana pelayanan yang baik dan memberikan kualitas produk
yang terbaik, sehingga membuat konsumen merasa puas dengan layanan kami dan
senantiasa membeli produk kami secara berkesinambungan.
3.4 Analisis SWOT
|
Strengths
(Kekuatan)
|
Weaknesses
(Kelemahan)
|
||
|
Tren yang selalu berganti membuat online shop lebih mudah
beradaptasi karena online shop lebih fleksibel.
|
Karena minimnya pengeluaran, barang online shop menjadi
lebih murah dari barang yang dijual secara konvensional.
|
||
Threats
(Ancaman)
|
Pilihan
produk lebih banyak dan memiliki ciri khasnya tersendiri, dengan kebebasan
memilih yang terpusat
|
Menyediakan
ketermudahan interaksi sehingga terciptanya keyamanan dalam bertansaksi
|
BAB
IV
PEMASARAN
4.1 Strategi
Pemasaran
Dengan memberikan
kemudahan bagi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan fashion tanpa perlu lagi
repot untuk untuk membeli dan mengunjungi outlet sehingga menghemat waktu dan
biaya pelanggan. Memberikan pelayanan, dan produk terbaik yang berasal produsen
produsen fashion dari seluruh kota di indonesia.
Para pelanggan bisa
melihat produk yang kami tawarkan secara online bisa melalui website www.edelweisfashioncenter.co.id, selain itu juga bisa melalui
aplikasi Edelweis Fashion Id yang bisa diunduh melalui playstore atau appstore
dan bisa secaraa langsung memesan produk yang diinginkan.
4.2
Program Pemasaran
Harga yang akan dikenakan
adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal
berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
Jenis
|
Harga
|
Kemeja
|
Rp. 235.000
|
Kaos
|
Rp.
135.000
|
Celana
|
Rp. 275.000
|
Jaket
|
Rp.
255.000
|
Sepatu
|
Rp. 295.000
|
Sandal
|
Rp.
115.000
|
Tas
|
Rp. 155.000
|
4.3
Promosi
Strategi
yang akan dijalankan pada penjualan fashion ini antara lain:
Memasang
iklan dan promosi di sosial media online.
Memberikan
voucher dan diskon promo untuk calon costumer, sehingga menarik minat pelanggan
untuk berkunjung dan membeli produk dari marketplace kami.
Promosi
melalui forum-forum penjualan di Indonesia yang banyak dikunjungi.
BAB
V
OPERASI
5.1
Proses Operasi
Alur proses dari penjualan produk dari
Edelweis Indonesia Fashion Center dapat di deskripsikan melalui gambar berikut
ini :
Dengan metode pelayanan
yang ramah dan prosesnya yang mudah, diharapkan para pelanggan akan terus
melakukan transaksi secara berkesinambungan.
5.2 Lokasi Usaha
Sebagai lokasi pelaksanaan
bisnis ini dipilih kawasan Baleendah karena merupakan domisili dari para
pegawai yang terkait, sebagai upaya menekan biaya operasional seperti misalnya
transportasi pegawai. Selain itu di kawasan ini juga sudah banyak terdapat
banyak agen jasa ekspedisi sebagai media pendistribuasian pesanan.
5.3 Fasilitas dan
Perlengkapan
Fasilitas dan perlengkapan merupakan bagian
bisnis yang sangat penting untuk memperlancar pemasaran produk. Fasilitas dan
perlengkapan minimal yang harus ada dalam bisnis ini antara lain: Komputer, Jaringan
Internet, Meja, Kursi, Rak Penyimpanan, dan lain-lain. Serta ada katalog online
sebagai tempat pemasaran produk.
BAB VI
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
6.1
Struktur Organisasi
6.2 Uraian
Tugas
A. Direktur Utama
1. Bertindak sebagai pemimpin umum perusahaan, mengkoordinasikan
kegiatan operasional perusahaan sesuai rencana dan kebijakan yang telah
ditetapkan
2. Merencanakan, membina, mengembangkan efektivitas
dan efesiensi perusahaan dan kebutuhan
3. Mengawasi pekerjaan setiap bagian agar tidak
terjadi masalah dalam perusahaan
B. Manager Marketing
1. Mencari, menyelusuri peluang pasar dan
menindak-lanjuti hubungan yang telah terjalin dengan relasi bisnis.
C. Manager Keuangan
1. Membuat dan memeriksa laporan keuangan, laporan
pembelian dan laporan penjualan
2. Memonitor uang masuk dan uang keluar perusahaan
3. Memeriksa bukti pembayaran
4. Menyediakan laporan yang dibutuhkan oleh
Direktur
D. Manager Operasional
1. Merencanakan perintah kerja sesuai dengan
perencanaan dari Direktur
2. Membuat laporan hasil kerja
3. Membuat rekapitulasi perintah kerja dan catatan
hasil kerja
4. Melaporkan hasil kerja kepada Direktur
5. Memantau hasil kerja bawahannya
E. Costumer Service
1. Menawarkan produk kepada calon pembeli
2. Input data penjualan
3. Membuat rekapitulasi data penjualan harian
F. Admin
1. Memantau dan membuat laporan keluar-masuk barang
G. Logistik
1. Melakukan pengiriman barang
2. Membuat laporan pengiriman barang
BAB VII
KEUANGAN
Rencana Investasi
Jenis
Investasi
|
Unit
|
Jumlah
(Rp)
|
Sewa dan Renovasi Kantor
|
1 paket
|
5.000.000
|
Komputer
|
5 unit
|
25.000.000
|
Aplikasi terkait dan perangkat mobile
|
1 paket
|
8.000.000
|
Jaringan Internet
|
1 paket
|
500.000
|
Meja dan Kursi Kantor
|
5 set
|
4.000.000
|
Rak Penyimpanan
|
6 unit
|
36.000.000
|
Perlengkapan Kantor
|
1 paket
|
15.000.000
|
Jumlah
|
41.500.000
|
Biaya Praoperasi
Jenis
Biaya
|
Unit
|
Jumlah
(Rp)
|
Gaji
|
6 orang
|
7.500.000
|
Perijinan
|
1 paket
|
2.000.000
|
Perlengkapan Promosi
|
1 paket
|
3.000.000
|
Biaya Operasional
|
1 bulan
|
2.000.000
|
Jumlah
|
14.500.000
|
Biaya Operasional
Jenis
Biaya
|
Keterangan
|
Jumlah
(Rp)
|
Gaji Karyawan
|
Per bulan
|
18.000.000
|
Sewa Kantor
|
Per bulan
|
300.000
|
Internet
|
Per bulan
|
400.000
|
Pemeliharaan dan perbaikan
|
Per bulan
|
300.000
|
Jumlah
|
19.000.000
|
Casino Games - Drmcd
ReplyDeleteCasino Games 포천 출장안마 · Slot Machines · Roulette · Video Poker · 통영 출장마사지 Slots. · Table 진주 출장마사지 Games 보령 출장안마 · Casino Card Games · Video Poker · Video Poker. Rating: 전라북도 출장안마 4.1 · 4,500 reviews